3 GENRE MUSIK PALING UNYUZUAL SAAT INI

Emang sih, musik itu bebas banget. Dan ngomongin musik itu sama aja kaya ngomongin kesehatan seseorang. What does it mean? Artinya sangat individual dan nggak bisa disamaratakan. Nih contohnya ya, ada tipe orang kehujanan sekali langsung kena flu dan demam. Tapi ada juga tipe orang yang sering kehujanan dan badannya tetep sehat-sehat aja. Ada juga yang makan mi goreng cabe satu udah keringeten nggak karuan, tapi ada juga yang udah cabe 10 tapi tetep cool-cool aja.

Nah, ngomongin musik itu kaya gituh. Di tahun 70an, mungkin kebanyakan orang udah cukup merasa Rock dengan dengerin band macam Led Zeppelin atau Black Sabbath. Tapi di saat itu juga pasti ada orang-orang yang berpikir, "hmm, gimana kalo gw bikin musik Rock gw sendiri?" Apalagi jaman sekarang. Kemungkinannya bisa banyak banget dan definisi musik Rock bisa jadi luas dan beragam banget. And you know what? Itu baru ngomongin musik Rock. Apa kabar dengan genre musik yang lain?

So, today you're gonna find out more. YUZUsan akan nambah perbendaharaan genre musik baru lewat artikel ini. Dijamin. Check it out!


1. Burger Highlife

Iya kamu nggak salah baca kok. Itu bukan menu makanan, tapi genre musik. Aliran musik Burger Highlife ini enak juga kok di kuping orang awam. Dari ceritanya, musik ini lahir bersama para imigran Ghanaian yang masuk ke Jerman. Begitu sampai di Jerman, mereka mulai berkolaborasi dengan produser musik di sana dan lahir deh genre musik ini. Kalo bingung ngebayanginnya nih, Burger Highlife itu perpaduan musik reggae dengan campuran beat highlife disko dan musik funk yang enak buat goyang dan bersenang-senang. Highlife itu sendiri asalnya dari Ghana yang mana sebenernya adalah pengembangan dari musik tradisional Afrika. Burger Highlife itu sendiri maknanya adalah simbolisasi Afrika yang memasuki dunia asing.


2. Wizard Rock

Tuh kan bener? Musik Rock jaman sekarang ada aja yang baru. Wizard Rock adalah musik Rock yang lahir karena kesukaan musisi sama karakter fiksi bernama Harry Potter. Udah mulai kebayang kan? Genre musik ini lahir pada tahun 2002 di Amerika Serikat. Tapi genre musik ini nggak kaya musik Rock pada umumnya ya, sound gitar yang berdistorsi berat kayanya hampir nggak ada deh, tapi lebih pada versi soundtrackfilm Harry Potter yang dibawakan dalam format band. Jadinya nggak begitu berasa komposisi orkestranya kaya di film. Yang satu ini mungkin lebih segmented ya penggemarnya. But considering fans Harry Potter di dunia begitu banyak, bisa jadi Wizard Rock makin populer sih.


3. Japanoise

Nih lagi-lagi Jepang dengan ke-unYUZUal-annya. Seolah-olah nih, orang Jepang kalo melihat kemungkinan dari suatu hal itu nggak berhenti di kemungkinan ketiga atau kelima. Misal ada kemungkinan kesepuluh atau bahkan keduapuluh, why not? Seperti kamu tau bahwa Jepang adalah negara inventor. Banyak hal-hal yang berguna di kehidupan sehari-hari kamu itu asalnya dari Jepang. Bicara tentang musik, ada lagi yang unik nih, yaitu Japanoise. Kalo dilihat dari kata Japanoise sih, keliatan banget maksudnya noise dari Jepang. Noise yang gimana nih maksudnya?

Japanoise lahir pada era 90an dan nama-nama besar yang memulainya itu seperti Merzbow, Hijokaidan, dan Incapacitants. Musisi Japanoise itu panggungnya beda sama panggung-panggung musik pada umumnya, YUZUsan. Mereka bermusik di klub-klub kecil dengan langit-langit rendah terus bawa segambreng peralatan elektronik yang kalo digabung-gabungin bisa menghasilkan suara-suara aneh. Lebih terlihat seperti DJ daripada musisi sih kalo dilihat. Cuma yang di atas meja bukannya turntable melainkan beragam pedal modulasi suara dan mixer dengan banyak kabel bercabang yang berantakan gituh. Keren!


Jadi YUZUsan udah mulai ada ketertarikan dengan genre-genre musik unik ini? Atau kamu malah terinspirasi untuk bikin genre musik kamu sendiri? Pastiin yang UnYUZUal ya!

Bagikan Artikel Ini    


Artikel Terkait :