3 HAL LAYAK VIRAL TENTANG KAMIKATSU: FROM ZERO-WASTE TO HERO THAT THE WORLD DESERVES

Lagi-lagi Jepang dengan segala keindahan dan prestasinya nih. Sepertinya YUZUsan udah pada tau ya kalo negara Jepang itu bagai punya mindset dan tradisi yang UnYUZUal sehingga justru menjadikannya bangsa dan negara yang maju. Salah satu kota kecilnya, Kamikatsu, berhasil menjadi kota tanpa sampah. Maksudnya gimana tuh?

Tau nggak sih kalo di dunia tempat kita semua hidup ini sampah yang dihasilkan itu lebih cepet pertumbuhannya daripada urbanisasi? Nah, kalo belom ada kesadaran yang kuat, lama-lama kita semua bisa tertimbun sampah kali. Ada beberapa kota di dunia sih yang sudah mulai sadar. Kebayang nggak menyadarkan seisi kota buat mengolah sampahnya sendiri dengan baik dan benar itu susahnya gimana? Jangan sedih. Kamikatsu, dan juga San Diego dan New York, sudah mulai ngejalanin kesadaran ini.

Memang sih, kota Kamikatsu adalah kota yang kecil dengan jumlah penduduk yang kira-kira berjumlah 1.500. Jadi buat memulai sebuah pergerakan akan jauh lebih gampang. Contohnya yang deket sama kita adalah, Singapura. Terbuktikan Singapura lebih cepet majunya dibanding tetangga-tetangganya karena negaranya kecil jadi mengaturnya pun gampang. Kamikatsu punya yang namanya Zero Waste Academy, yang mana adalah organisasi non-profit khusus untuk menangani waste management di Kamikatsu. Keren kan?

Nah, 3 hal yang kamu perlu tau dari Kamikatsu adalah:


1. Ada 34 Kategori Sampah Yang Wajib Diterapkan

Nah, bingung nggak kamu kalo biasanya di jalanan ngelihat cuma ada 3 kategori tempat sampah, sedangkan di Kamikatsu ada 34? Jadi nih YUZUsan, para penduduk Kamikatsu udah terbiasa memilah-milah sampahnya sendiri sampe segitunya. Mereka udah mulai melakukan ini di 2003 dan berencana menjadikan Kamikatsu sebagai kota bebas sampah pada 2020. Di kota ini, kamu nggak bakalan ngeliat truk sampah mondar-mandir karena warganya sudah peduli segitunya dengan sampah. Sampah organik mereka olah lagi sehingga bisa berguna sebagai pupuk contohnya, sedangkan sampah non-organik mereka daur ulang segitunya agar bisa berguna buat kehidupan sehari-hari untuk sebisa mungkin mengurangi beli yang baru.


2. Musuhan Sama Pembakaran Sampah

Kamikatsu bebas asap! Warganya sadar banget kalo sampah yang dibakar itu merusak lingkungan dan kesehatan segitunya. Asap mungkin tercipta ketika mereka lagi pengen bikin barbekyu atau membuat api unggun kali ya.


3. Jepang Rasa New Zealand

Jadi karena kebiasaan mereka hidup sehat dan kepedulian mereka terhadap pengolahan sampah yang sudah terjadi bertahun-tahun, hal ini membuat kota Kamikatsu berasa seperti New Zealand. Udaranya segar dan bersih, tumbuh-tumbuhannya asri, tidak ada polusi, jalanannya bersih, dan kebetulan Kamikatsu dikelilingi oleh bukit-bukit dan padang rumput yang tebal dan indah. Jadi ya Jepang rasa New Zealand deh.

Nah buat kamu yang kali aja ke Jepang kebanyakan mampirnya ke Tokyo, Kyoto, dan Osaka, coba deh sekali-kali mampir ke Kamikatsu dan buktiin sendiri kesehatan kota dan warganya. Karena sebenernya dunia perlu lebih banyak kota-kota Kamikatsu. Ya nggak?

Bagikan Artikel Ini    


Artikel Terkait :