ROBOT URBAN DENGAN FITUR UNYUZUAL YANG WAJIB KAMU TAU

Ngomongin tentang robot nih, kebanyakan orang pasti langsung mikirnya robot-robot karakter versi Hollywood. Apalagi di bulan Maret ini bioskop-bioskop kesayangan kamu bakal dihebohkan dengan rilisnya film Pacific Rim: Uprising. Kurang robot apalagi tuh film 'kan? But did you know sebenernya robot dalam kehidupan sehari-hari itu gimana?

Dalam kehidupan sehari-hari, robot sering-seringnya adalah peralatan mekanis yang bertugas melakukan fungsi tertentu secara berulang, dan tidak berbentuk seperti manusia seperti di film Terminator atau raksasa logam seperti di film Pacific Rim. Peralatan mekanis itu disebut "robot" soalnya mereka punya programmable chip yang bisa berfungsi seperti otak kalo pada manusia. Dan karena sudah diprogram, jadi kinerja robot bisa tepat dan terukur walaupun diulang jutaan kali. Coba bayangin deh kalo manusia yang melakukan tipe kerjaan robot. Ngulang beberapa kali aja bisa jadi hasilnya ngga sama persis dan, let's face it, manusia punya rasa bosan.

Jadi, kalo robot-robot versi Hollywood itu sudah biasa banget, sampe bikin robot-robot di kehidupan sehari-hari justru terlihat UnYUZUal, gimana kalo sekarang kamu pelajari sedikit tentang robot-robot yang sebenarnya deket banget sama kehidupan sehari-hari dan punya beragam fitur-fitur UnYUZUal? Atau mungkin, sebenernya kamu udah pernah "berhadapan" langsung sama robot-robot ini loh. Check it out.


1. Robot Mr. Fresh (Sendo-Kun) dari Kura Corp.

Buat urusan bikin robot nih, Jepang sepertinya paling depan dibandingin negara-negara maju lainnya. Sekarang ini, Jepang udah mulai dipenuhi dengan ribuan restoran sushi "kaiten", yang artinya "berputar". Beda banget sama restoran-restoran Sushi-Go-Round di Indonesia yang mungkin masih dilakukan secara manual di atas meja yang memiliki motor sehingga terus berputar menghidangkan sushi. Restoran sushi kaiten di Jepang menaruh hidangannya di sebuah kontainer yang memiliki chip di bagian tutupnya. Jadi nih, pesenan kamu bisa tepat dan cepat diantar ke meja kamu cuma dengan berinteraksi lewat semacam monitor tablet.

Kelihatannya simple sih, tapi sebenernya, YUZUsan, teknologi yang digunakan itu robot yang canggih. Teknologi robot yang diciptakan oleh Kura Corp. ini diberi nama "Sendo-Kun" alias Mr. Fresh karena segitu cepet dan akuratnya mengantar hidangan sushi segar dari chef sampai ke pelanggan. Dan yang paling bikin robot ini UnYUZUal adalah kemampuannya buat ngasih tau sudah berapa lama makanan dihidangkan dan batas waktu makanan untuk bisa disantap dalam keadaan segar. Begitu terlalu lama dan nggak lagi segar, robot ini akan segera "mendatangi" sang manajer dan ngasih tau. Wow! Buat kamu yang pernah ke Jepang, jangan-jangan sudah pernah ketemu sama robot yang satu ini? Penasaran lebih jauh sama robot ciptaan Kura Corp. ini? Coba ke sini deh.


2.Robot Dyson 360 Eye

Di Indonesia mungkin masih sangat jarang pake robot buat nyapu rumah. Pembantu Rumah Tangga masih jauh lebih populer daripada robot. Tapi di negara-negara maju, mereka udah mulai menggantikan fungsi Pembantu Rumah Tangga dengan robot sejak tahun 2000an loh, YUZUsan. Nah, kebayang nggak kalo dari tahun 2000 udah pake robot buat nyapu rumah, sekarang robot penyapu rumah itu gimana ya kemajuannya? Yuk kenalan dulu dengan robot Dyson 360 Eye, robot penyedot debu yang punya mata dengan kemampuan melihat 360 derajat nih.

Yang bikin robot ini begitu UnYUZUal dibanding robot-robot penyedot debu lainnya adalah Dyson 360 Eye bisa diperintah-perintah pake suara manusia. Selain itu, robot ini bisa menyedot debu sampe sekecil 0,5 mikron. Itu artinya apa? Artinya robot ini bisa menyedot debu yang lebih kecil dari lebar helai rambut manusia. Robot Dyson bisa mengingat dengan baik dan sempurna layout rumah kamu dan bisa menyapu tiap sudut rumahmu. Dan yang UnYUZUal-nya lagi nih, bisa membuat 10 keputusan dalam tiap detiknya. Penasaran? Ke sini aja.


3. Robot Robelf, Aido, dan Zenbo

Ketiga robot ini mungkin yang paling berasa robotnya dibanding kedua robot yang sudah dibahas sebelumnya, meski tetep bukan seperti robot-robot di film Pacific Rim ya. Ketiga robot ini dikemas dalam bentuk fisik yang menggemaskan dan memiliki wajah yang bisa diajak berinteraksi karena fungsi mereka yang sebagai personal assistant atau family member. Lebih kurangnya, Robelf, Aido, dan Zenbo mengambil teknologi ter-update dari smartphone tapi diwujudkan dan bentuk fisik yang bisa bergerak dan berbicara. Ini artinya, smartphone jaman sekarang sebenernya sudah mengadopsi teknologi robot. Tapi itu udah biasa 'kan, nah Robel, Aido, dan Zenbo ini versi yang UnYUZUal-nya!

Apa yang UnYUZUal dari Robelf, Aido, dan Zenbo? Dengan Robelf, kamu bahkan bisa punya semacam personal home security loh. Dia bisa menghafal wajah dan mendeteksi pola perilaku, jadi bisa terdeteksi tuh kalo ada perilaku yang tidak biasa, dan juga bisa self-charging kalo dia merasa batrenya menipis. Dengan Aido, kamu seperti punya temen Doraemon yang bisa ngasih tau kamu banyak hal di saat kamu lagi butuh-butuhnya. Jadi robot ini punya projector di dalamnya yang bisa ngebantu kamu dengan menunjukkan video hal-hal yang lagi kamu butuhkan kapan pun dan dimana pun. Bisa diajak maen petak umpet lagi! Cool! Dengan Zenbo, apapun TV kamu, robot ini bisa mengoperasikannya! Check them out here!

Bagikan Artikel Ini    


Artikel Terkait :